Data Bukanlah SAMPAH !!!

Iya benar data , kamu tau data ? Pernah didata ? Seperti pas sensus penduduk 2010 ? Ga pernah ? Apa pernah jadi petugas pendataan ? Apa kamu termasuk petugas pendataan sialan , mata duitan , bodo amat data gimana yang penting isian beres dapet duit?

Mengapa penduduk di suatu negara di data ? Untuk apa ? , jika pertanyaan ini ditanyakan kepada seluruh rakyat indonesia saya yakin mereka menjawab “BANTUAN SUDAH DEKAT!?!?” .

WTF, data itu ga sesempit bantuan buat masyarakat . Jauh lebih penting daripada itu

“Coba anda bayangkan misalnya pemerintah ingin membangun sekolah di wilayah tertentu , tapi pemerintah tidak memiliki data penduduk di wilayah itu , yakin bakalan dibangun sekolah disana?” Ini perkataan salah satu petugas lapangan (pencari data) di kabupaten tempat saya bekerja

Data itu menurut saya luas sekali , harga BBM bisa saja menembus ratusan ribu per liter hanya karena data | kok bisa ? | ini contohnya :

Ancok tinggal di negara B yang berjarak 100 km dari negara A . Negara A adalah penghasil bensin terbesar di dunia. Negara B adalah pengimpor bensin dari negara A . Tahun lalu negara A menyadari bahwa cadangan bensinnya sudah menipis lalu negara A mengutamakan bensin untuk negaranya saja untuk transportasi dan industri agar masyarakatnya tetap makmur . Sehingga negara B tidak bisa mengimpor bensin . Di negara B awalnya harga bensin 5000/liter lalu dua minggu kemudian naik menjadi 50.000/liter sebulan kemudian naik menjadi 100.000/liter .

Masi menganggap data itu sampah? Kebakaran hutan di indonesia terjadi bisa jadi karena tidak ada data mengenai kondisi geografis . Juga sifat dasar manusia mengambil peran utama.

“Ya mau bagaimana lagi , itu cara paling cepat murah dan nenguntungkan. Siapa yang mau bayar ribuan pekerja buat buka lahan. Jadi mereka bakar aja” perkataan senior inisial A.

Jadi data bukan sampah ya ? | pertanyaan ini tidak bisa saya jawab langsung “iya” tapi begini , data didapat darimana? Pengumpul data . Lalu yang akan membuat data itu menjadi baik maupun menjadi sampah ? | Ya mereka itu | nah belum tentu begitu , karena data juga di dapatkan melalui wawancara ke target yang akan di data , misal data pertanian . Ya kita akan ke petani udh mendata , kalo petaninya jujur ya datanya bagus kalo kagak | ya datanya sampah

image

Sudah cukuplah ya menyampah di postingan kali ini . Kita ini Warga Negara Indonesia , masih mau punya data sampah ?

Tinggalkan komentar